2.562 Pelajar Ikuti Olimpiade Sains Nasional di Yogya

Yogyakarta – Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-14 tahun 2015 digelar di Yogyakarta hingga 24 Mei mendatang. OSN tahun ini diikuti 2.562 pelajar dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Pelaksaan OSN di Yogya digelar di berbagai lokasi seperti di gedung SMA, hotel dan kampus. OSN 2015 ini resmi dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Jogja Expo Center Yogyakarta, Selasa (19/5/2015). Ada 24 bidang yang yang dilombakan, antara lain Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Informatika, Astronomi dan juga Kebumian.

Peserta OSN ini berasal dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari SLB, SD, SMP, SMA dan SMK. Khusus untuk jenjang SMP penyelenggaraan dilaksanakan di Sulawesi Tengah.

Direktorat Jendral Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Achmad Jazidie mengatakan, OSN menjadi momentum yang diharapkan mampu merangsang tiap daerah dalam penguasaan sains dan teknologi. Sehingga daerah harus benar-benar menyiapkan0 wakil terbaiknya untuk mengikuti OSN. Perlu menyiapkan guru dan mentor yang berkualitas untuk mendampingi para siswanya.

“Daerah harus betul-betul menggarap OSN di daerahnya, tidak asal-asalan dalam menunjuk atau tanpa perencanaan seleksi,” kata Achmad Jazidie.

Juara umum OSN diakui memang masih didominasi dari kota-kota besar terutama di Jawa. Para pemenang OSN akan maju mewakili Indonesia di olimpiade tingkat internasional.

sumber: detik.com

About the Author: yramaedu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>